Kamis, 24 Mei 2012

modul terapi musik

MODUL
PELAKSANAAN TERAPI MUSIK KLASIK

Tujuan Umum :
    Setelah membaca modul ini diharapkan guru, terapis dan para orang tua  mampu  melaksanakan terapi musik klasik untuk meningkatkan kreativitas anak autis
Tujuan Khusus :
    Setelah membaca modul ini diharapkan guru dan para terapis mampu mengetahui :
1.    Pengertian terapi musik klasik
2.    Langkah-langkah dalam pelaksanaan terapi musik
3.    Panduan pelaksanaan  terapi musik
4.    Prosedur terapi musik
5.    Manfaat terapi musik
Waktu Pelaksanaan Terapi musik :
Anak dengan autis diberikan terapi musik sesuai kebutuhan dan karekteristik anak tersebut, dengan frekuensi 1 x sehari dengan durasi 30 menit sampai dengan 1 jam.

TERAPI MUSIK KLASIK
1.    Pengertian Terapi Musik Klasik :
Terapi musik merupakan sebuah aplikasi unik dari musik yang menciptakan perubahan yang positif dalam perilaku yang dipakai oleh guru dan terapis sebagai peralatan untuk memperbaiki, memelihara, mengembangkan mental, fisik, kesehatan emosi, kemampuan non verbal, kreativitas dan rasa alamiah dari musik menjadi fasilitator untuk hubungan, ekpresi diri dan pertumbuhan.
Terapi musik klasik merupakan serangkaian upaya yang dilakukan untuk menolong dan membantu dalam konteks masalah fisik dan mental dengan keindahan intelektual yang tinggi yang lahir dari budaya Eropa.
2.    Langkah-langkah dalam pelaksanaan terapi musik :
a.    Asessmen
Dalam asessmen terapis melakukan observasi latar belakang, keadaan anak autis saat ini, keterbatasan anak autis yang dialami saat ini, serta potensi anak autis yang masih dapat dikembangkan.
Aspek yang dilihat dalam asessmen yaitu :
1)    Kognitif
2)    Sosial
3)    Fisik
4)    Emosional
5)    Komunikasi
Setelah melakukan asessmen terapin harus sudah dapat menentukan siapa anak yang menjadi terget sasaran perlakuan serta para guru dan terapis harus membina hubungan yang baik.
b.    Rencana perlakuan
Rencana perlakuan diberikan berdasarkan hasil asessmen yang dilakukan. Terapi musik harus diberikan sesuai dengan karekterisitik anak autis tersebut. Jika anak autis tersebut terhambat dalam bidang kreativitasnya maka terapi musik yang diberikan haruslah bersifat untuk memperbaiki kreativitas anak autis tersebut.
Durasi waktu pemberian dan materi terapi harus direncanakan. Jika sasaran atau objek telah mengalami perubahan maka terapi dihentikan jika tidak maka terapi tetap dilanjutkan dan perlu dilakukan pengembangan dalam melaksanakan tindakan.
Ada tiga macam strategi yang digunakan oleh guru dan terapis dalam melaksanakan kegiatan terapi musik sesuai kebutuhan anak yaitu :
1)    Musik sebagai penguat
2)    Musik sebagai ganjaran
3)    Manfaat bagi non musik
c.    Pencatatan
Semua kejadian mulai dari perencanaan sampai akhir kegiatan harus dicatat. Jika ada perubahan baik bentuk perkembangan atau penurunan setelah diberikan terapi musik maka harus dicatat.
d.    Evaluasi dan terminasi perlakuan
Guru dan para terapis menyiapkan kesimpulan akhir dari proses perlakuak dan membuat rekomendasi untuk tindak lanjuti.
3.    Hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan terapi musik :
Pelaksanaan terapi musik klasik pada anak autis perlu memperhatikan beberapa hal yaitu :
a.    Kondisi anak autis
b.    Bahasa yang digunakan
c.    Tenaga guru
d.    Tempat dan latihan
e.    Strategi pendekatan
4.    Prosedur terapi musik
a.    Para guru dan terapi memilih tempat yang tenang dan bebas dari gangguan.
b.    Sebelum memulai pemberian musik klasik, perdengarkan berbagai jenis musik lainya terlebuh dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui respon dari tubuh anak.
c.    Anjurkan anak duduk bersila dilantai dan ambil nafas dalam.
d.    Musik mulai diperdengarkan pada anak. Saat musik dimainkan anjurkan anak membayangkan bahwa pemainnya ada diruangan ini memainkan musik khusus untuk anak. Biarkan suara musik mengalir keseluruh tubuh anak bukan hanya dirasakan secara fisik tapi juga difokuskan dalam jiwa.
e.    Saat guru dan para terapis melakukan terapi musik, anak akan mengetahui bagaimana tubuh anak merespon pada musik yang diberikan.
f.    Berikan terapi musik dalam waktu selama 30 menit sampai 1 jam setiap hari. Jika tidak memiliki cukup waktu berikan selama 10 menit.
5.    Manfaat terapi musik  :
a.    Meningkatkan kreatifitas
b.    Mengurangi kecemasan dan strees
c.    Meningkatkan intelegensi
d.    Mengubah mood menjadi lebih positif
e.    Meningkatkan kosentrasi
f.    Bikin rileks
g.    Mengatasi autis pada anak
h.    Membuat emosi menjadi lebih positif
i.    Meningkatkan kemampuan bahasa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar